Minggu, 11 Maret 2012

Handphone


KARYA TULIS

D
I
S
U
S
U
N

OLEH :

     NAMA           : JULI PUTRA SINAMBELA
     KELAS          : XII TKJ3
     B. STUDI      : BAHASA INDONESIA

DAMPAK PENGGUNAAN
HANDPHONE BAGI SAYA

KATA PENGANTAR

      Puji dan syukur saya ucapkan pada Tuhan Yang Maha Esa karena kasih dan anugrah-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan karya tulis ini.
      Karya tulis ini  saya susun berdasarkan aturan pembuatan karya tulis dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penyusunan karya tulis ini saya merasa kesulitan dalam penentuan tema, karena tema yang dipilih harus dipersempit. Bukan hanya itu saja, tetapi dalam penyusunan  kerangkanya pun belum terlalu paham. Namun dari kesulitan-kesulitan tersebut  saya berusaha terus  untuk menutupi kekurangan tersebut dengan bertanya kepada  orang-orang yang lebih mampu. Oleh karena itulah  saya mampu menyelesaikan karya tulis ini yang mampu  menarik minat  para pembaca.
      Sebagai penyusun karya tulis ini, saya merasa masih banyak kekurangan dalam penyusunan karya tulis ini, aka kritik dan saran yang bersifat membangun dengan senang hati saya terima, demi kesempurnaan karya tulis ini. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca.



                                                                                             Penulis





                                                                                   

DAFTAR ISI

Kata Pengantar                                                                                                                            i
Daftar Isi                                                                                                                                     ii
Bab   I     Handphone
1.      Pengertian Handphone                                                                                                  1
2.      Macam-macam Merek Handphone                                                                               1
3.      Kualitas Handphone                                                                                                     2
4.      Jenis-jenis Handphone                                                                                                  2
5.      Fasilitas Handphone                                                                                                      2
Bab   II    Dampak Penggunaan handphone Bagi Saya
1.      Pengertian Dampak                                                                                                      3
2.      Macam-macam Dampak                                                                                              3
3.      Dampak Positif Penggunaan Handphone Bagi Saya
1.      Mampu berkomunikasi dengan cepat                                                                      3
2.      Mampu menambah wawasan                                                                                  4
3.      Mudah memperoleh informasi                                                                                 4
4.      Membantu membangunkan saya                                                                              4
5.      Mampu Menghibur                                                                                                 4
6.      Membantu saya Mengingatkan suatu hal                                                                  5
4.      Dampak Negatif Penggunaan Handphone Bagi Saya
1.      Saya jadi malas belajar                                                                                           5
2.      Saya menjadi boros                                                                                                5
3.      Pekerjaan rumah saya terganggu                                                                             5
4.      Mengganggu konsentrasi belajar                                                                              5
5.      Ketergantungan dengan alarm handphone                                                                6
Bab   III  Kesimpulan                                                                                                                  7

BAB 1
HANDPHONE

      Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak terlepas dari penggunaan kemajuan teknologi modern saat ini. Kemajuan teknologi kini telah mampu mengubah pola hidup manusia. Kita sebagai manusia pasti merasakan dan memanfaat kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi membawa  pengaruh besar dalam kehidupan saat ini. Bahkan secara kenyataan yang terjadi dan kita rasakan bahwa kita telah ditindas oleh kemajuan teknologi. Dalam hal ini kita dapat mengambil contoh yaitu dalam bidang komunikasi. Alat-alat komunikasi saat ini pun berkembang dengan pesat, karena perkembangan alat-alat komunikasi inilah yang membuat saya memilih tema yaitu “Dampak Penggunaan Handphone bagi saya”. Karena saya sendiri merasakan  pengaruh dari kemajuan teknologi tersebut dalam kehidupan saya. Dalam bab ini kita akan membahas secara khusus tentang Handphone :

1.      Pengertian Handphone
Handphone adalah kata yang sudah sering kita dengarkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan hampir semua orang mengenal dan memiliki  handphone. Handphone berasal dari 2 kata yaitu hand yang artinya tangan dan phone yang artinya telepon. Jadi dari asal katanya handphone dapat diartikan sebagai telepon genggam. Secara luas handphone dapat diartikan sebagai media komunikasi yang digunakan manusia dalam jangkau yang luas

2.      Macam-macam Merek Handphone
Seiring dengan perkembangan zaman, banyak macm-macam  merek handphone yang kita ketahui dan sangat mudah untuk mudah kita peroleh. Bahkan di pedesaan pun handphone bukanlah barang yang mewah di dalam masyarakat pedesaan. Tidak jarang kita mengetahui  dalam satu rumah  tangga paling sedikit ada 2 orang yang memiliki handphone. Saat ini merek-merek handphone yang paling mendominasi yaitu merek buatan  cina. Contoh-contoh merek handphone buatan cina adalah mito, nexom, nexian, timno, tiger, tipo, venera, telkom dan masih banyak lagi. Sedangkan merek lainnya adalah nokia, Samsung, LG, hi-tech, N-70, Sonyericson dll. Merek-merek HP inilah yang sangat yang sangat sering kita temukan di lingkungan tempat tinggal kita.

3.      Kualitas Handphone
      Kualitas handphone pun berbeda-beda, tergantung dari mereknya masing-masing saat ini kualitas HP yang paling bagus yaitu nokia, sonyericson, Samsung, LG, karena pada kenyataan, handphone ini tidak mudah rusak. Dan apabila rusak sekalipun akan mudah untuk memperbaikinya. Misalnya apabila handphone kita jatuh atau terkena air maka pihak counter masih mau menerimanya untuk diperbaiki. Selain itu, batre handphone ini pun umumnya tahan lama atau tidak mudah habis. Berbeda dengan handphone buatan cina, handphone dengan merek dari cina ini tidak terlalu bagus. Walupun sebenarnya fasilitas – fasilitas  yang disediakan lebih memadai. Handphone ini umumnya mudah rusak. Hanya jatuh sekali saja pun sudah tidak bisa diperbaiki lagi dan tidak dapat digunakan  pengambilan gambar pun terkadang tidak jelas dan batrenya sangat cepat habis dan mudah bengkak. Hal itu mungkin karena harganya yang relative sangat murah. Namun kenyataannya, orang-orang lebih memilih menggunakan handphone dengan merek buatan cina disbanding handphone lainnya yang memiliki mutu lebih baik.

4.      Jenis-Jenis Handphone
      Saat ini jenis-jenis handphone pun banyak yang beredar, bahkan betuknya pun sangat unik-unik. Terkadang dalam 1 rumah tangga ada dua jenis handphone. Jenis handphone umumnya yaitu :
1)      Sistem gesek dimana handphone ini digunakan dengan mendorong keatas
2)      Sistem lipat yaitu jenis handphone ini unik bagi saya, karena dapat dilipat dengan menutup bagian atas dan bawah sehingga berbentuk lebih kecil.
3)      Layar sentuh yaitu bentuk handphone yang hanya menggunakan jari tangan atau petunjuk untuk memakai handphone. Bentuk handphone ini pun unik karena terletak pada layarnya saja. Namun saat ini sudah muncul kembali bentuk baru yaitu layer sentuh sekaligus dilengkapi dengan tombol-tombolnya.
4)      Yang lainnya yaitu bentuk seperti keyboard computer, bentuk ini mudah digunakan  karena terdiri dari satu-satu huruf saja. Tetapi ada juga yang menggunakan tombol yang biasa yaitu 1 tombol terdiri dari tiga hidup.

5.      Fasilitas Handphone
      Fasilitas handphone pun tergantung dari jenis dan tipe masing-masing. Fasilitas HP umumnya yaitu pesan, register, pengaturan, video atau camera, memory, twiter, alarm, calendar, permainan, radio, pemutar suara, perekam suara, facebook, televise, internet, profil, dan masih banyak lagi.
BAB 2
DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE BAGI SAYA

      Berbagai dampak yang saya rasakan dari penggunaan teknologi yaitu penggunaan handphone, penggunaan internet dll. Namun pada bab ini kita akan membahas tentang dampak penggunaan handphone bagi diri saya sendiri :

1.      Pengertian Dampak
Dampak adalah pengaruh, jadi dapat diartikan bahwa dampak adalah pengaruh dari sesuatu hal yang kita rasakan atau yang timbul dari hal tersebut. Contoh : Dampak penggunaan internet berarti kita merasakan pengaruh-pengaruh yang timbul dalam menggunakan internet.

2.      Macam-macam Dampak
Dampak lebih sering diarahkan pada hal-hal yang negative. Pada umumnya dampak ada 2 yaitu dampak positif dan dampak negative. Dampak positif yaitu pengaruh positif yang kita alami / rasakan dari sesuatu hal sedangkan dampak negative adalah pengaruh negative yang kita rasakan dari sesuatu hal. Atau dengan kata lain, dampak positif mengarah pada hal-hal buruk atau merusak maupun merugikan.

3.      Dampak positif penggunaan handphone bagi saya
Beberapa dampak dari penggunaan handphone bagi saya adalah seperti pada penjelasan barikut ini :

1)      Mampu berkomunikasi dengan cepat
Handphone telah membantu saya untuk berkomunikasi dengan orang baik dalam jarak jauh maupun jarak dekat. Padahal sebelum saya mengenal handphone hubungan saya dengan teman-teman yang jauh dari saya sangat sulit terjalin. Bukan cumin itu, bahkan  saat saya ingin bertemu dengan teman atau keluarga yang dekat dengan saya pun sangat susah karena belum  menggunakan alat komunikasi seperti ini yaitu handphone. Tetapi sekarang ini, saya merasa senang dengan adanya handphone yang saya miliki. Komunikasi dengan teman-teman saya pun lancar bukan hanya itu saja, melalui fasilitas facebook saya dapat menjalin  komunikasi dengan teman yang sudah lama tidak ada hubungan lagi. Dan dari fasilitas ini pula, saya mendapatkan banyak teman baru sehingga mampu untuk saling berbagi antara yang satu dan yang lainnya.
2)      Mampu Menambah Wawasan Saya
Wawasan raya pun bertambah dalam penggunaan handphone, karena handphone yang saya miliki difasilitasi oleh internet sehingga mudah bagi saya untuk mengakses hal-hal yang bermanfaat bagi saya. Dan terkadang melalui penggunaan internet tersebut saya mampu mengetahui hal-hal apa yang terjadi pada saat itu juga.

3)      Mudah Memperoleh Informasi
Informasi-informasi penting dapat dengan mudah saya tahu melalui fasilitas radio yang tersedia di handphone saya. Tidak harus menonton televise atau saat dirumah saya mendengarkan radio agar mudah mendapatkan informasi. Radio handphone membuat  saya mampu memperoleh informasi secara cepat, terutama dalam Kabupaten Dairi. Bukan hanya itu saja, informasi tentang seklah pun dapat saya terima dengan cepat melalui SMS atau bahkan menelepon.

4)      Membantu Membangunkan Saya
Melalui alarm handphone yang tersedia, saya sangat terbantu untuk bangun, pada umumnya kalau saya bangun pagi-pagi, saya sudah terbiasa dengan memakai alarm handphone. Misalnya, apabila saya ingin bangun jam 05.00 WIB, saya tinggal mengaktifkan alarm saya dimalam harinya. Ketika sudah menunjukkan jam 05.00 WIB, nada alarm saya pun berbunyi pertanda saya harus bangun dari tempat tidur. Dengan fasilitas ini, membuat saya cepat bangun dan saya tidak terlambat berangkat kesekolah.

5)      Mampu Menghibur
Saat ada waktu senggang, saya biasanya memutar lagu-lagu yang tersimpan di dalam handphone saya sehingga saya sering terhibur dengan lagu-lagu tersebut. Bahkan saya kadang mengikuti alunan lagu tersebut sambil bernyanyi. Saat lagu-lagu yang menghibur diputar terkadang saya ikut menari-nari. Atau dengan berfoto-foto di handphone membuat saya tertawa atau tersenyum melihat foto-foto saya sendiri, dengan berbagai gaya. Melihat gaya-gaya yang saya tampilkan tersebut terangsang bagi saya untuk tertawa. Bahkan saat saya lagi bosan, terkadang saya membuka permainan dalam handphone saya sehingga rasa bosan pun hilang seketika jika memanfaatkan fasilitas-fasilitas ini
6)      Membantu Saya Mengingatkan Sesuatu Hal
Saya sering lupa dengan hal-hal penting misalnya ; pengumpulan tugas, ulang tahun teman atau keluarga atau membawa perlengkapan sekolah. Oleh karena itu saya memanfaatkan handphone saya untuk membantu dalam mengingat hal-hal tersebut. Caranya yaitu  dengan mengaktifkan pengingat yang ada pada kalender HP saya. Dengan mengaktifkannya akhirnya saya terbantu dalam mengingat hal-hal penting itu

4.      Dampak Negatif Handphone bagi Saya
Selain dampak positif, saya juga merasakan dampak negative penggunaan handphone bagi saya. Beberapa dampak negative tersebut adalah

1)      Saya menjadi malas belajar
Saya memang mengakui pengaruh buruk HP bagi saya, saya memiliki handphone sejak saya duduk dibangku SMA yaitu tepatnya kelas X. sebelum saya memiliki handphone, saya memang rajin belajar dan masih mampu bersaing dengan teman dikelas. Namun setelah saya memiliki handphone prestasi saya semakin menurun bahkan saya jarang belajar ataupun membahas pelajaran.

2)      Saya Menjadi Boros
Dari segi materi pun saya merasakan dampak penggunaan handphone. Handphone saya ada 2 SIM, tetapi saya lebih sering memakai kartu XL saya. Memang menggunakan kartu ini murah, tetapi batas isinya minimal hanya 1 minggu saja. Sehingga saya harus mengisi pulsa 5 ribu perminggu agar masa aktifnya diperpanjang. Pada hal saya masih sekolah, saya menjadi sering menghabiskan uang saya mengisi pulsa

3)      Pekerjaan Rumah Saya Terganggu
Dirumah saya sering dimarahi orangtua karena pekerjaan yang tidak beres. Itu terjadi karena saya terlalu asyik menggunakan handphone saya. Apalagi kalau ada teman SMS-an. Itu membuat saya lupa untuk mengerjakan pekerjaan rumah saya

4)      Mengganggu Konsentrasi Belajar
Karena Sudah terbiasa menggunakan handphone, bahkan saat belajar pun saya memakainya. Kadang saya berusaha agar tidak memakainya, tetapi saya tidak bisa karena sudah terbiasa, apalagisaat handphone saya berbunyi, itu benar-benar menggangghu konsentrasi saya. Kadang saya tidak jadi belajar
5)      Ketergantungan dengan Alarm Handphone
Karena sudah terbiasa bangun cepat dengan alarm handphone akhirnya saya hanya bisa bangun apabila alarm diaktifkan. Tetapi kadang saya lupa, atau batrenya kosong jadinya saya telat bangun karena alarmnya tidak aktif.

BAB III
KESIMPULAN

          Dari berbagai dampak yang ada, dan saya rasakan sendiri, sekarang saya menyadari bahwa ternyata saya tidak mampu menguasai diri saya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Padahal dalam perkembangan teknologi ini, seharusnya kitalah yang harus menguasai teknologi namun pada kenyataannya teknologilah yang telah mengatur kita atau dengan kata lain, kita telah dilindas oleh kemajuan teknologi. Khususnya dalam penggunaan alat komunikasi saat ini pada hal sebenarnya dengan adanya alat komunikasi kita mampu menjalin komunikasi yang baik. Namun kenyataannya banyak orang yang salah memanfaatkan alat-alat komunikasi.



maspeypah
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis
Read more: http://www.maspeypah.co.cc/2010/02/cara-membuat-share-this-post.html#ixzz1BZ2rjQbJ

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com